Al Baqarah(2) ayat ke-36

فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ

TERJEMAH :

Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu [38] dan dikeluarkan dari keadaan semula [39] dan Kami berfirman: Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.

[38] Adam dan Hawa dengan tipu daya syaitan memakan buah pohon yang dilarang itu, yang mengakibatkan keduanya keluar dari surga, dan Allah menyuruh mereka turun ke dunia. Yang dimaksud dengan syaitan di sini ialah Iblis yang disebut dalam ayat 34 surat Al Baqarah di atas.

[39] Maksud keadaan semula ialah kenimatan, kemewahan dan kemuliaan hidup dalam surga.

TAFSIR :

Lalu setan menjerumuskan mereka berdua ke dalam kesalahan, dengan menggoda mereka berdua sehingga keduanya makan dari pohon larangan yang akhirnya menyebabkan mereka berdua di keluaarkan dari surga dan kenikmatannya. Allah berfirman kepada mereka, Turunkan kalian ke bumi, sebagian dari kalian akan bermusuhan dengan sebagian yang lain -yakni Adam, Hawa dan Setan-. Kalian mendapatkan tempat tinggal yang tetap di muka bumi, kalian boleh memanfaatkan apa yang ada pada nya sampai ajal kalian tiba .

Al Baqarah(2) ayat ke-37

فَتَلَقَّى آَدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

TERJEMAH :

Kemudian Adam menerima beberapa kalimat [40] dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

[40] Tentang beberapa kalimat (ajaran-ajaran) dari Tuhan yang diterima oleh Adam sebahagian ahli tafsir mengartikannya dengan kata-kata untuk bertaubat.

Tafsir:

Lalu Adam menerima kalimat-kalimat yang Allah ilhamkan kepada nya sebagai ungkapan taubat dan permohonan ampun dari nya, yaitu firman Allah Subhanahu Wa Taala, Wahai Rabb kami, kami telah menganiaya diri kami, dan bila Engkau tidak mengampuni dan menyayangi kami niscaya kami menjadi orang-orang yang merugi. Maka maka Allah menerima taubat yna dan mengampuni dosa-nya. Karena Allah Subhanahu Wa Taala Maha Menerima taubat bagi siapa yang bertaubat dari hamba-hamba-Nya, sekaligus Maha Penyang kepada mereka .

Al Baqarah(2) ayat ke-38

قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

TERJEMAH :

Kami berfirman: Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Tafsir:

Allah berfirman kepada mereka semuanya, Turunlah kalian semua dari Surga, kalian dan anak cucu kalian datang silih berganti dan akan datang sesuatu yang akan memberikan petunjuk kepada kalian menuju kebenaraan. Barangsiapa mengamalkan nya, maka dia tidak akan takut menghadapi perkara akhirat yang ada di hadapan mereka, mereka juga tidak akan sedih dari perkara dunia yang telah lewat atas mereka .

Al Baqarah(2) ayat ke-39

وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآَيَاتِنَا أُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

TERJEMAH :

Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

Tafsir:

Orang-orang yang mengingkari dan mendustakan ayat-ayat Kami yang terbaca dan bukti-bukti tauhid Kami, mereka itulah orang-orang yang akan menghuni Neraka selama nya dan tidak akan keluar darinya .

Al Baqarah(2) ayat ke-40

يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَوْفُوا بِعَهْدِي أُوفِ بِعَهْدِكُمْ وَإِيَّايَ فَارْهَبُونِ

TERJEMAH :

Hai Bani Israil [41], ingatlah akan nimat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku [42], niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk).

[41] Israil adalah sebutan bagi Nabi Yaqub. Bani Israil adalah turunan Nabi Yaqub; sekarang terkenal dengan bangsa Yahudi.

[42] Janji Bani Israil kepada Tuhan ialah: bahwa mereka akan menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, serta beriman kepada Rasul-Rasul-Nya di antaranya Nabi Muhammad Sallallaahu Aalaihi wassalamu  sebagaimana yang tersebut di dalam Taurat.

Tafsir:

Ingatlah kepada-Ku, penuhilah wasiat-Ku kepada kalian dengan beriman kepada kitab-kitab-Ku dan Rasul-rasul-Ku seluruh nya serta mengamalkan syariat-Ku. Bila kalian melakukan hal itu, niscaya Aku akan menunaikan apa yang telah Aku janjikan kepada kalian berupa rahmat di dunia dan keselamatan di akhirat. Hendaklah kalian hanya takut kepadaKu semata, waspadailah siksaKu bila kalian membatalkan perjanjian-Ku dan kafir kepada-Ku .

Dikutip dari kitab Tafsir Al-Muyassar Jilid 1, Penulis Syaikh Bakar Abu Zaid, Penerbit : An-Naba’